Minggu, 28 Desember 2014

dr. Aleqsander, Sp.B : "Dasar Ilmu Kedokteran Klinik adalah Ilmu Patologi"

Sebagaimana yang telah diajarkan dan dipelajari di Fakultas Kedokteran ilmu Patologi Anatomi sangat penting karena mempelajari penyakit dari segala seginya dengan cara-cara alamiah. Sedangkan penyakit itu sendiri adalah keadaan abnormal tubuh baik dari segi struktural maupun fungsional. Sehingga jika seorang menderita sakit berarti ada disfungsi sel sehingga timbul tanda dan gejala penyakit.
dr. Aleqs, Sp.B FINACS

Kemudian disfungsi sel itu sendiri dapat disertai atau tanpa disertai perubahan morfologik yang tentunya dapat dilihat baik secara makroskopik maupun mikroskopik. Hal ini disampaikan oleh dr. Aleqs, Sp.B salah seorang staf dosen yang berperan penting dalam menyusun kurikulum dan memprogram laboratorium terpadu ini dalam salah satu materi kuliahnya yang merupakan dasar dalam mempelajari ilmu patologi anatomi.

Penulis dan penyusun Atlas Patologi Anatomi Indonesia yang berjumlah 2 jilid ini juga menerangkan tiga hal penting dalam ilmu Patologi yaitu : Patologi Anatomi (PA), Patologi Klinik (PK), dan Patologi Forensik (IKK). Ilmu PA untuk morfologi dan sistem organ, PK untuk cairan tubuh, dan IKK atau Kedokteran Kehakiman berhubungan dengan tindakan forensik dan kriminalitas.

Buku Atlas PA yang ditulis beliau

Makroskopik dan Mikroskopik
Seorang ahli patologi biasanya melakukan pemeriksaan yang terlihat secara makroskopis yaitu dengan mata dan palpasi.Untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya dengan histopatologi melalui mikroskopis.Jika belum terlihat atau belum tegak, maka makin ditegakkan kembali dengan pemeriksaan sitologi yang lebih mikro lagi tiap-tiap sel yang diperiksa. Jika masih perlu lagi dilakukan pemriksaan dengan ultrastruktural dengan mikroskop elektron.

Nah selanjutnya timbul pertanyaan sebagai berikut;
Mengapa Patologi disebut sebagai dasar Ilmu Kedokteran Klinik, ada yang tahu ?

Benar sekali menurut dr. Aleqs dalam Patologi dipelajari perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu penyakit sehingga membantu dalam menegakkan diagnosis dan menentukan sikap serta rencana pengobatannya.(dkn)

Baca Juga :
Memperhatikan perkembangan bakat anak
Menjadi Manusia yang Percaya Diri
Kasih Ibu Sepanjang Zaman
Tanpa Diliput Media, Bersama FPI dan PKS dokter Indonesia di Daerah Bencana...
Hati-hati konsumsi obat Tidur

Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?