Minggu, 05 November 2017

Pemkab Sampang Mediasi Kasus Pemukulan Dokter

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Jawa Timur, melakukan mediasi perdamaian kasus pemukulan dokter oleh salah seorang oknum kepala desa, 22 Oktober 2017.

"Mediasi dilakukan langsung oleh Bupati Sampang Fadhilah Budiono beberapa hari setelah kejadian," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Sampang Firman Pria Abadi kepada Antara per telepon, Jumat pagi.

Dokter yang menjadi korban pemukulan itu merupakan dokter internship bernama Sulis. Pelakunya seorang kepala desa bernama Haji Abdullah Hidayat yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sampang.

Peristiwa pemukulan dokter Sulis oleh Ketua AKD Sampang itu bermula, saat orang tua pelaku Colic Abdomen dirujuk ke RSUD Sampang akibat menderita batu ginjal yang dideritanya.

Dokter Sulis yang saat itu bertugas di RSUD Sampang hendak memeriksa pasien, tapi Abdullah Hidayat langsung marah-marah karena dinilai tidak segera melakukan pemeriksaan.

Saat itu juga, dr Sulis langsung meninggalkan pasien, tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, dan ia lalu dipukul oleh Ketua AKD Abdullah Hidayat, serta dijambak rambatnya.

Versi lain, dokter itu bukan dipukul, akan tetapi hanya didorong.

Tindakan Ketua AKD terhadap dr Sulis itu, terekam kamera pengawas di RSUD Sampang, dan oleh pegawai RSUD Sampang rekaman peristiwa berdurasi sekitar 54 detik itu, disebar ke jejaring sosial.

"Berkat mediasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Sampang itu, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan saling memaafkan," ujar Firman Pria Abadi, menjelaskan.

Kasus pemukulan dokter oleh Ketua AKD Sampang itu, sempat menjadi perhatian Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, setelah rekaman video tentang kejadian itu menyebar ke berbagai media sosial.

Hanya saja, kata Firman, pihak IDI Jatim juga sepekat dengan upaya damai yang dimediasi oleh Bupati Sampang itu.

"Kita berharap, semua pihak benar-benar damai, sama-sama saling berbenah, sehingga kasus seperti ini tidak terulang lagi," katanya, menjelaskan.

Baca Juga :
      VIRALKAN ! : (RESMI) SIKAP ALUMNI FK-UMM TERHADAP KEKERASAN DOKTER DI RSUD SAMPANG



Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?