Kamis, 25 Desember 2014

Menjadi Manusia yang Percaya Diri


Dalam diri manusia berdasarkan ilmu kedokteran kejiwaan memiliki dua kutub layaknya kutub utara dan selatan pada bumi. Kutub-kutub tersebut adalah polar dalam bahasa Inggris atau latin sedangkan dua kutub tersebut disebut bipolar yang terdiri atas kutub kebahagiaan "happiness"atau mania dan kesedihan "sadness" atau depresi. Kedua kutub tersebut berjalan atas dasar keseimbangan.

Ilustrasi : Memaksimalkan kepercayaan diri terutama pada wanita
Jika suasana hati baik maka kutub dominan yang bekerja adalah kutub mania sedangkan jika suasana tersebut buruk maka menjadikan dominasi depresi sebagai penguatnya.Hati kita baik maka mood baik akan meningkat biasanya dipengaruhi oleh dopamin yang cukup sedangkan jika mood kita sedang down maka perasaan ekstrem itu segera muncul, depresi, pesimis, putus asa akan mendominasi jika dibiarkan maka titik akhir bisa menjadi gawat yakni keinginan untuk bunuh diri (tentamina suicidum).

Memaksimalkan mood baik
Jika manusia memahami akan adanya dua kutub tersebut, maka sebaiknya mood baik itu segera ditingkatkan dengan bertahap dan dipertahankan hingga batas atas yang wajar sehingga apabila terjatuh dalam kondisi depresi akan lebih dapat bertahan dalam kondisi sulit sekalipun, dan disinilah mental baja akan teruji kualitasnya.Dengan membaca, menonton televisi, bahkan mendengarkan ceramah keagamaan, dan membaca al Quran diyakini akan meningkatkan mood dalam batas kewajaran. Pertahankan mood anda dengan jalan seperti ini.

Hati-hati kutub bipolar
Nah, sedangkan gangguan bipolar itu sendiri seyogyanya adalah gangguan yang terjadi ketika dua kutub diatas tidak terkendali sehingga jarak pendek antar dua kutub tadi makin dekat dan bergesekan dengan cepat.Dengan cepatnya sehingga perubahan iklim ekstrem terjadi. Suasananya adalah hatinya menjadi aneh dimana mania atau kebahagiaan tiba-tiba berubah menjadi depresi.Itulah yang dinamakan rapid-cycle. Yang berbahaya jika tanpa disadari manusia akan mengalami delusi dan halusinasi secara cepat muncul dan cepat hilang. Biasanya episode ini muncul pada usia 20an tahun pada kebanyakan kasus. Uniknya banyak terjadi pada remaja dan mahasiswa semester awal yang labil.

Memaksimalkan keseimbangan Iman dan Taqwa dan Lingkungan
Adapun menjaga kepercayaan diri dengan jalan bertaqwa adalah jalan terbaik disamping berhati-hati dalam pergaulan.Istirahat yang cukup adalah jika kurang tidur memicu serangan mania terutama bila kurang dari 2 jam sehari.Kestabilan antara pekerjaan dan hidup sehat ternyata telah dianjurkan Rasulullah jauh berabad-abad sebelumnya yakni menjalankan shalat lima waktu. Itulah jalan keseimbangan yang merelaksasi dua kutub diatas. (dkn)


Baca Juga :



Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?