Kamis, 13 November 2014

Indonesia Untold : Penemu Konsep Makanan Kemasan Steril Pertama Ternyata dari Indonesia ?

Sungguh menarik pembahasan alumnikedokteranumm.com kali ini, berdasarkan penelusuran tentang sejarah makanan kemasan hidangan yang ada selama berabad-abad di dunia, kita memiliki pengetahuan tentang cara untuk pensterilan makanan yang diikuti oleh pengembangan alat-alat kedokteran steril yang dikemas. Anti bakterial itulah konsep pengemasan makananan. Mulai dari susu UHT atau lebih dikenal sebagai Pasteurisasi yang digunakan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme patogen dalam makanan kemasan melalui proses pemanasan. dan konsep Pasteurisasi yang baru ditemukan tahun 1862 tersebut ternyata sudah dimiliki nenek moyang bangsa Indonesia selama berabad-abad sebelumnya !


Anda mulai paham bukan ?, baik kita mulai dari makanan berkonsep steril yang paling sering kita jumpai yaitu :

Lemper

Lemper memiliki konsep steril, ketika pembungkusnya meskipun bahan organik, pada saat dihidangkan bebas dari kuman-kuman patogen karena proses pemasakannya yang mampu membunuh bakteri yang merugikan. Dengan bahan dasar nasi ketan diisi abon ataupun daging, makanan khas Indonesia ini jauh sebelum konsep steril ditemukan telah menghiasi meja-meja di Nusantara baik rakyat biasa maupun raja, semua merakyat.

Pepes
Jangan salah, pepes adalah makanan para raja di zaman dahulu, konsep steril juga dimiliki makanan ini, betapa koki kita di Nusantara sangat handal, sehingga membuat pepes yang bisa berisi Ikan, atau daging yang diberi rempah-rempah khas Indonesia.

Dan tunggu dulu, tentu saja saat membukanya sebelumnya harus mencuci tangan dahulu untuk menghormati makanan tersebut yang benar-benar steril

Bothok

Makanan khas pulau Jawa ini memang eksotis rasanya, terbuat dari bahan dasar kelapa yang telah diambil sarinya kemudian kelapa yang diambil ampasnya tersebut menjadi sari kelapa atau santan. Nah ampas santan tersebut kemudian dimasak dibumbui rempah-rempah cabai, garam, merica, dan daun salam, kemudian dibungkus dengan daun pisang dikukus dengan uap panas. Rasanya gurih dan nikmat, serta tentu saja steril dengan pembungkusnya yang tertutup daun pisang.

Nagasari
 


Siapa yang tidak tahu makanan ini ? konsep steril dari makanan yang dibuat dengan bahan dasar jajanan pasar yaitu tepung beras ini benar-benar mempesona, dengan diisi dengan buah pisang dan aroma pandan yang eksotis, sebelum dibuka makanan ini steril layaknya sebuah kemasan modern.Bedanya adalah dibungkus daun pisang.

Sebenarnya masih banyak lagi konsep sumber daya Indonesia yang belum terpublikasikan seperti Nasi yang dibungkus bambu dan diisi daging kemudian dipanaskan. Bayangkan konsep pemanasan susu steril oleh pasteurisasi baru tahun 1862, namun nenek moyang kita jauh sebelumnya sudah memilikinya.Bagaimana dengan minuman ?

Tentu saja minuman kita punya minuman steril yang juga dapat digunakan untuk infus para korban perang yaitu buah kelapa muda.


Baca Juga :






Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?