Kamis, 15 Januari 2015

Dr. M. Fariz : "Pemberian Obat Anti Epilepsi dapat dihentikan"

Epilepsi merupakan gangguan neurologis yang memiliki serangan seizure atau kejang sebagai akibat adanya gangguan sistem syaraf pusat karena muatan listrik abnormal pada neuron-neuron tertentu. Berdasarkan definisi sendiri epilepsi berasal dari bahasa yunani yang berarti serangan. Sehingga sindrom epilepsi sendiri menjadikan kumpulan gejala dan tanda klinik yang terjadi bersamaan menurut etiologi, umur, awitan, jenis, pencetus, kronis, dan sebagainya.
Duo Muhammad, Bersama dr. Muhammad Lutfi dalam Tugas Bencana Alam
Menurut ILAE (International LeagueAgaints Epilepsy) tahun 1981 dibagi atas general dan parsial yang memiliki kekhasan tersendiri. Untuk mempersingkat Up pada general atau umum ditandai dengan absense (petit mal), klonik,, tonik, tonik-klonik(grandmal), mioklonik, atonik. Dan makin mendalami hal tersebut maka pembagian berlanjut kepada unknown epilepsi atau nonclasificated atau tak tergolongkan seperti penyebab dari eklampsia pada ibu hamil, alkohol, dan hiperglikemia.
Penyebab epilepsi sendiri menurut ILAE sekitar 70% tidak diketahui penyebabnya. Dan 30% diketahui disebut simptomatik yang dapat terjadi karena sebab-sebab tertentu seperti trauma kepala dan infeksi. Untuk itu riwayat kelahiran dan riwayat kejang demam pada saat usia bayi sangatlah signifikan. Para ahli menyatakan eksitasi sinaps dan inaktivasi konduksi ion Ca2+ sebagai respon depolarisasi yang bertanggung jawab akan adanya serangan epilepsi ini.
Berbicara tentang obat antiepilepsi dr. Muhammad Fariz mengutip konsensus Pokdi Epilepsi Perdossi terbaru tahun 2014 yaitu 4 syarat dihentikannya obat anti epilepsi (OAE) yaitu:
1. Setelah minimal 3 tahun bebas kejang dan gambaran EEG normal, EEG adalah hasil rekam gelombang otak
2. Disetujui oleh penyandang dan keluarganya
3. Secara bertahap, 25% dari dosis semula setiap bulan dalam jangka waktu 3-6 bulan
4. Bila digunakan lebih dari 1 OAE, maka penghentian dimulai dari 1 OAE yang bukan utama.
Jadi dapatlah dikemudian hari penyakit Epilepsi dapat disembuhkan atas izin Allah SWT. Amin ...(dkn).

Baca Juga :
dr. Iwan Sys, Sp.KJ Kagum dan bangga akan kebersamaan AKU
Sejarah Lambang Alumni FK-UMM
Perjuangan Raja Alam dr. Fachriza Effendi
Mengenang Jasa Para Dokter di Masa Pra-Kemerdekaan
Tahukah Anda ? Fakta-Fakta tentang Alumni Kedokteran UMM







Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?