Kamis, 15 Januari 2015

dr. Saiful Alam : "Pemulihan Kondisi Psikologis Keluarga Korban Air Asia QZ8501 Khusus Anak-anak Diserahkan Bagian Psikiatri Anak"

Kesedihan masih dirasakan duka ibu pertiwi atas kejadian kecelakaan jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501. Terutama para keluarga korban yang masih bersedih ditinggal anggota keluarganya yang pergi mendahului mereka. Kondisi Psikologis sangat mereka rasakan hari demi hari.
Berdasarkan teori kedokteran tahapan kehilangan dapat masuk kedalam tahapan menerima yang diawali dengan perasaan histeris dan menolak takdir. Titik inilah yang paling sulit bagi penderita yang mengalami stress akut. Masalah ini yang setiap hari ditemui oleh tim relawan dari crisis center Kedokteran Jiwa RS dr. Soetomo Surabaya. Ditemui alumnikedokteranumm.com bertempat di crisis center dr. Saiful Alam yang juga alumni kedokteran UMM menceritakan kegiatannya.

Tim Pusat Krisis (Crisis Center), dr. Saiful Alam
"Tidak bisa dipukul rata, tidak bisa dipukul rata antara tiap-tiap keluarga korban berbeda pendekatannya, intinya kita harus peka what they need". Kata beliau menjelaskan. Dr. Alam juga menambahkan pentingnya pendekatan emosional setiap pasien. Ketika ditanya soal keluarga korban yang masih anak-anak, ia menjawab dengan empati yang tidak dapat ia sembunyikan. Berikut wawancarnya dengan alumnikedokteranumm.com.
"Saat ini bagian psikiatri anak sedang mengobservasi seorang anak usia 7 tahun yang bapaknya jadi korban Air Asia".
Innnalillahi, kemudian bagaimana keadaannya bapak dokter Saiful ?
Untuk yang seperti ini kita tidak melakukan di Posko Crisis Center yang ada di RS Bhayangkara.
Sampai saat ini si anak sebatas hanya tahu bahwa ayahnya sedang bekerja
Jadi butuh penanganan khusus , adakah obat-obatan yang digunakan ?
Untuk kasus yang berat, jika sampai parah gangguan penyesuaian atau reaksi stress akut yang dialami tentunya iya.
Untuk anak bukankah lebih ke arah permainan?
Benar, untuk anak lebih ke permainan dan observasi perilaku.
Demikian hasil wawancara singkat dan laporan dari alumnikedokteranumm.com dari Crisis Center Kedokteran Jiwa yang bertempat di RS. Bhayangkara Surabaya. Berdasarkan teori psikiatri kehilangan orang tua pada usia dibawah 11 tahun dapt menjadikan gangguan depresi masiv yang berbahaya, untuk itulah unit psikiatri diperlukan disetiap bencana.
Sekedar mengingat kembali gangguan depresi melibatkan penanggungjawab utama yakni serotonin yang berperan pada sistem limbik dan telah diidentifikasi 2 sub tipe reseptor utama serotonin berupa reseptor 5HTIA dan reseptor 5HT2A. Kedua reseptor inilah yang terlibat dalam mekanisme biokimiawi depresi dan berespon ketika diberi anti depresan. Wallahu alam ...

Alumnikedokteranumm.com mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban kecelakaan Air Asia QZ8501. Semoga para korban diberi ketabahan atas musibah tersebut, amin (dkn).

Baca Juga :









Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?