Jumat, 06 Juni 2014

Majalah klasik pertama di Kedokteran UMM

Cover Volk's Medico (koleksi kerajaan)
Masih ingatkah teman-teman akan sampul buku ini ?

3 Oktober 2004 sebuah buku kecil berukuran A5 dengan tampilan sederhana setebal 24 halaman hadir pertama kalinya untuk menjawab tantangan masa itu untuk meluncurkan sebuah majalah sebagai simbol persatuan di kalangan mahasiswa FK-UMM.

Karena minimnya dukungan dari sponsor dan biaya produksi yang membengkak akibatnya majalah tersebut menuai kecaman dari kalangan sendiri, namun dari sisi sejarah tentunnya sangat menjanjikan. karena di masa itu tidak seperti sekarang yang dengan mudahnya mengakses internet dari sebuah papan komputer bernama tablet PC ataupun android.

Dimasa itu juga belum ada facebook, twitter, ataupun media sosial lainnya, sehingga terkesan beberapa kritikan dialamatkan kepada redaksional yang memajang profil pengurus secara mencolok. Edisi tersebut adalah edisi Ramadhan berisi Surat pembaca, profil Qte, Volk's Ceria, Volk's Glory, What's up, Volk's Info, Volk's Curhat, Volk's Care Us, Cerpen, Volk's In The Yard, English Corner, Busana, Tips, Jokes. Beberapa waktu kemudian majalah ini menjadi sangat dicari karena memuat beberapa artikel kontroversial, hingga sebuah berita benar atau tidak majalah ini dihargai senilai lima juta rupiah untuk setiap eksemplar yang masih utuh. Sedangkan untuk kopiannya beredar seharga satu buah atlas anatomi. Dapat kita bayangkan betapa berharganya benda yang sudah kita lupakan ini.

bernilai tinggi, majalah kontoversial dizamannya
Majalah tersebut mendapatkan apresiasi dari rekan-rekan kalangan sendiri dan juga menuai kecaman yang brutal dari pihak-pihak yang kurang menghargai kenekatan dari penerbit. Namun di masa sekarang kita justru rindu akan masa-masa narsis tersebut. (kuro)

Share This Article


Sebarkan !

5 komentar:

Nur Annisa mengatakan...

kok ya sek punya to..wkwkwk..perasaan aq ra melu kepengurusan tapi melu ribet..sekarang opo masi ada itu volks medico??

Alumni Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang mengatakan...

Adakah rekan-rekan yang mau menjawab pertanyaan Mba Nur Annisa ? ^^

Alam Saiful mengatakan...

Aslm, sbnarnya ini adalah edisi kedua dari serangkaian majalah kampus terbitan volks medico, yg edisi perta ma masih berupaselebaran tanpa warna berisi 8 halaman dengan cover para redaksi volk,s, yg copian covernya sdh saya pigura rapi utkprasasti buat penerus2 majalah ini di kantor redaksinya (itupun klo kantornya msh ada) saya msh punya terbitan edisi 1 dan 2 ini yg msh utuh2. Tp saya ngga tau lg apakah majalah ini msh ttp terbit dan diapresiasi sampai sekarang

Nur Wijayanti mengatakan...

Whahahahahaa.. :D sepertinya memang mencari sensasi supaya diperhatikan,klo sensasi yg baik reaksinya tdk ada ya akhirnya dibikin sesuatu yg menggelitik, dr anggota malah ada yg menyarankan bikin artikel yg pedas, miring, dkk, maksudnya supaya kedepannya lebih diperhatikan kelangsungan hidupnya, Tp byk yg tdk setuju, akhirnya keluar deh edisi taman kanak2 haha.. itu berhasil, Tp tetep kesandung masalah "UUD".
akhirnya.. emboh hahaha.. #bravo deh buat website ini :D #

Nur Annisa mengatakan...

Adekq ngelu...ckckckck...awakmu gpp ta dek?

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?