Selasa, 17 Maret 2015

Alhamdulillah Cath Lab kateterisasi Jantung sudah siap dilakukan

Pasien dengan gangguan oklusi arteri coronaria dan sejenisnya dapat diatasi dengan pengobatan kateterisasi jantung sehingga tidak perlu ke luar negeri.
Latihan Stent Ilustrasi
Hal ini dilakukan di RS Universitas Muhammadiyah Malang yang kita cintai. Amir AKU (Alumni Kedokteran UMM) dr. Dedy Irawan menyatakan apresiasi dan kebanggaannya pada sesama Alumni. Dari rektor Universitas sendiri Prof Dr Muhadjir Effendi berharap Universitas dapat memberikan maslahat pada masyarakat Malang Raya dan sekitarnya.
CABG (ilustrasi)

Stent jantung adalah alat kateterisasi yang dapat dilakukan pada pembuluh darah jantung terutama koroner oklusi yang mengancam kematian. Pilihan intervensi ini sebenarnya ada dua mahzab yakni dengan cateter atau dengan by pass. Dalam sekali cath lab atau kateter  ada kemungkinan terbentuknya gumpalan darah dalam stent yang disebut in-stent thrombosis dengan estimasi sekitar 0,5-1% terjadi trombosis. Begitu pula dengan by pass yang juga harus dengan membuka dada melalui pembedahan.

Pada intinya adalah dua kemungkinan yang berbeda. By pass fokus untuk mengalirkan aliran darah melalui jalur lain, sedangkan stent kateterisasi adalah membuka jalur penyempitan. Diharapkan di masa mendatang operasi bedah thorax mungkin dilakukan di RS Universitas Muhammadiyah Malang.

Baca Juga :






Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?