Sabtu, 21 Mei 2016

Tari Saman Mengawali Keceriaan MODISCO 14

Tari Saman menarik perhatian para hadirin di MODISCO 14 yang berlangsung malam ini sabtu malam (21/05/16) di Ballroom hotel Savana Malang di ruang aula Akasia yang biasa disewa oleh para tamu VIP untuk acara mereka tersebut. Acara ini juga sebagai Dies Natalis Fakultas Kedokteran UMM tahun 2016.
Tari Saman merupakan tarian bernuansa Arab yang berasal dari dataran tinggi Gayo dan dipergunakan untuk syiar agama Islam. Kata "Saman" diambil untuk menghormati Ulama Besar di masa itu yakni Syeikh Saman. Biasanya pada tarian disisipkan pesan moral dalam kutipan pantun, syair yang bersumber dari pengembangan ayat atau hadist di masa itu.
Pesan dakwah tersebut biasanya tertuang dalam kalimat dan gerakan yang indah. Karena itu bagi orang yang memahami kesenian kebudayaan Islam pasti merasakan hal yang religius dalam pesan tarian tersebut. Dalam hal lain biasanya juga mengandung makna mencintai keluarga terutama suami isteri atau seorang pemuda yang ingin mempersunting kekasihnya secara benar juga diperlihatkan dalam berbagai kesempatan. Karena itu tarian ini juga cocok untuk upacara pernikahan.
Selain tari Saman para undangan dari berbagai "generasi" fakultas kedokteran UMM juga dapat menikmati hidangan, musik dari para dosen dan mahasiswa, hingga drama, dan kehadiran Sabiq dari Stand Up Comedy Indonesia 6 Kompas TV. (Kun)
Baca Juga :
 
Share This Article


Sebarkan !

0 komentar:

Setujukah anda dengan "dokter Layanan Primer"(DLP) ?